Pertama kali mengenal linux saat awal kuliah tahun 2004, waktu itu ada pelatihan di comlabs ITB dengan linux mandriva (lupa versi berapanya). Interaksi selanjutnya dengan linux saat praktikum kuliah programing java, kalau tidak salah pakai distro mandriva juga. Tapi sampai saat itu belum ngeh juga untuk nyoba pake OS linux, selain waktu itu pake mi kocok juga masih ngep-ngep, juga karena tugas kuliah programing masih bisa pakai mi kocok.

Nah pertama kali tertarik untuk ngistal linux saat ngeliat distro fedora core 4. Awalnya takut-takut juga ngistalnya. Kan kabar-kabar burungnya ngistal linux klo-klo salah bisa ngemformat windowsnya malah lebih parahnya bisa ngemformat hardisk. Tapi pikir-pikir apa salahnya sih dicoba. Awalnya bikin partisi dulu di hardisknya trus ya booting pake CD FC 4nya, next next BERHASIL DENGAN SUKSES. Tapi setelah dicoba, aihhh tak bise mutar mp3 same video nih OS, kecewa berat lah awak. Kata program multimedianya “kurang paket ini,kurang paket itu” waktu mau diinstal tau-tau minta sambungan internet (baru tau klo linux punya “penyakit” ini). Terus waktu nyoba install sopwer baru, kembali kurang paket ini,kurang paket itu” hakhhhhhh POSITIF diFORMAT PARTISI LINUXnya.Say bye-bye to linux.

Karena kecewa berat lama juga nggak nyentuh-nyentuh dunia linux. Suatu hari hehe waktu lagi browsing kebaca sama linux gratis dari distro Ubuntu dan setelah itu kita bisa request CD ubuntu. Sebelum kita request kita diharuskan login. Selain bisa request Ubuntu, kita juga bisa request temen2nya seperti Kubuntu, Ubuntu dll. Pertama kali request itu Ubuntu 5.04 klo gak salah.

Setelah ditunggu beberapa bulan (sebenarnya gak ngarep datang juga sih, kan gak keluar duit soalnya hehe), tiba2 datang pak pos “Mas, ada kiriman dari Belanda” . Loh ada apa ini ada apa ini, perasaan gak pernah berhubungan dengan Belanda. Setelah dilihat disampul paketnya ad tulisan Ubuntu, lah ternyata bisa nyampe juga ini barang. Trus pak posnya bilang “7000 mas” hahaha bayar juga ternyata ongkos kirim (bayar-membayar ini pernah saya tanya tanyain di suatu forum diITB, trus ad yang bilang kalau dia gak perlu bayar halahaaha wat eper lah). Nah ini ubuntu gak pernah dinstal, cuma ngeliat pake live CD aja karena pernah denger2 lagi klo ubuntu itu cara ngistalnya lain ama distro lain, bisa-bisa ngeformat HD. Malah niatnya nginstalnya ntar aja klo udah beli HD baru, jadi satu buat mikocok satu buat linux, jadi klo keformat ya HDnya si linux aja. Sukseslah tu CD cuma koleksi, malah 4 CD ubuntunya disedekahin ke teman (waktu itu dapet 5 ubuntu, 1 kubuntu, 1 edubuntu).

Tapi biar gak pernah diinstal, terus aja minta kirimin (klo ingat). Ver. 6.06, ver 7.04, ver 7.10, terakhir ver 8.10. Nah mulai berani instal itu saat pake versi 7.10. Awalnya liat teman sekosan berhasil nginstalnya, trus nanya gimana caranya, bikin partisi aja. ohhh gitu toh,sebelumnya sudah nanya2, nyari2 diforum2 tetep aja gak mau ngistalnya sampe ngeliat temen berhasil ngistalnya. Setelah bikin partisi baru, dinstal lah tu Ubuntu dan BERHASIL BERHASIL (kayak dora aja). Tapi lagi-lagi Aku Kecewa (menirukan Danlap waktu masa-masa OS dulu) karena lagi-lagi gak bisa mutar mp3 dan vidio gara-gara masalah resipotory (bener gak sih nulisnya???) dan tak bisa diupdate lagi gara-gara gak ada internet (waktu itu belum tau ada mahluk bernama DVD repository yang berisi paket-paket repository ubuntu). Sukses lah tu Ubuntu cuma dinstal dan didiemin aj, kagak dipake-pake.

Habis itu nanya teman yang dianggap kompeten dlam dunia perLINUXan. Nanya Linux apa yang uda bisa muter MP3 & vidio langsung tanpa update repository. Dia bilang banyak bisa Ubuntu Studio,Slackware bla2. Terus ketika jalan-jalan ke BEC, ditoko yang jual program keliat ama Distro Ultimate Edition 1.5.

Nah Kisah dengan Distro Ultimate Edition bisa dilihat dipostingan “Linux Ultimate Edition”

Link-link terkait

– Ubuntu : http://www.ubuntu.com/

– Request CD ubuntu : https://shipit.ubuntu.com/

– Download Linux segala macam dari mirror indonesia: http://kambing.vlsm.org/

– kalau gak bisa donlod, bisa nyoba beli  di http://gudanglinux.com/ (ada info2 linuxnya juga) atau http://www.juraganlinux.net/ atau http://juragan.kambing.ui.edu (tapi gak tanggungjawab klo ad apa2 karena penulis juga belum pernah nyoba =D )

 

 

“belajar tidak membajak”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s