Ada yang mau ke Pulau Belitong?? Pulau yang terkenal dengan Laskar Pelangi dan Keindahan Pantainya..

Silahkan Cek:

Untuk paket 4D-3N (4 hari 3 malam) bisa dilihat di postingan: Promo Travelling Wisata Murah ke Belitung 4D-3N 4 Hari 3 Malam

Untuk paket 3D-2N (3 hari 2 malam) bisa dilihat di postingan: Promo Travelling Wisata Murah ke Belitung 3D-2N 3 Hari 2 Malam

Untuk paket 2D-1N (2 hari 1 malam) bisa dilihat di postingan: Promo Travelling Wisata Murah ke Belitung 2D-1N 2 Hari 1 Malam

*****************************************************************************************

Rebut kemiri itu cuma istilah saya hehe. Kalau di Belitong orang-orang cuma menyebutnya “Main Kumbe'”. Kumbe’ adalah Kemiri dalam Bahasa Belitong. Mungkin bagi sebagian orang terdengar aneh, kok kemiri diperebutkan. Tapi memang kenyataannya kayak gitu hehe.

Cara bermainnya seperti ini:

  1. Siapkan biji kemiri yang masih ada kulit kerasnya/cangkang. Ingat yang ada isinya jangan yang kosong atau kopong. Bisa mencari langsung di bawah pohonnya siapa tahu ada yang jatuh. Atau bisa juga minta dari Ibu, Bibi atau nenek. Minta jangan nyuri hehe.
  2. Buah Kemiri. Courtesy Wikipedia

    Biji Kemiri dengan Cangkangnya -Wikipedia-

  3. Orang yang bermain minimal dua orang. Ya iyalah kalau satu orang mah gimana tandingnya.
  4. Masing-masing pemain menyerahkan/mempertaruhkan (tagan/nagan bahasa Belitong) biji kemiri.  Minimal satu biji kemiri per orang. Gara-gara sifatnya yang “mempertaruhkan” orang-orang tua “suka melarang” anak-anaknya main ini di bulan puasa. Katanya judi😀. Wallahualam lah klo itu.
  5. Lapanganya terdiri dari 3 komponen penting.

    Lapangan untuk Main Kumbe’

    No 1. Garis Lempar
    No 2. Garis Ripuk
    No 3. Lubang

  6. Setelah masing-masing pemain mengumpulkan biji kemiri masing-masing. Kemudian diundi siapa yang melempar terlebih dahulu bisa hom pim pah, suit atau kombinasi keduanya.
  7. Yang beruntung melempar terlebih dahulu akan melempar kumpulan biji kemiri dari dia dan pemain lainnya. Misal ada 5 orang pemain dan masing-masing pemain nagan/nyerahin 3 biji kemiri berarti pemain pertama yang melempar tadi harus melempar 15 biji kemiri.
  8. Melemparnya harus dari garis lempar. INGAT setelah dilempar semua biji kemiri tadi harus melewati garis ripuk. setelah dilempar, tidak boleh ada biji kemiri yang tertinggal/berada/jatuh diantara garis ripuk dan garis lempar. Bila ada, maka pemain yang melempar tadi harus keluar/diskualisifikasi dan tidak boleh ikut main sampai ronde permainan selanjutnya.
  9. Bila kemiri yang dilempar tadi ada yang masuk lubang maka itu akan menjadi hak milik si pelempar.
  10. Setelah biji kemiri yang dilempar tadi tidak ada yang berada diantara garis lempar dan garis ripuk, tugas selanjutnya si pelempar adalah berusaha melempari biji kemiri yang bertebaran di sekililing lubang.
  11. Melemparinya juga harus pake biji kemiri. Tuju’ klo Bahasa Belitong. Kira-kira bola putihnya kalau anda main billiar. Bila satu biji kemiri yang bertebaran tadi kena lempar tuju’, maka biji kemiri tadi yang kena lempar jadi milik si pelempar. Kemudian si pelempar akan berusaha membidik/melempar biji kemiri lainnya. Bila kena terus maka si pelempar akan terus sampai seluruh biji kemiri yang bertebaran tadi habis kena lempar semua.
  12. Kalau lemparan tuju’ si pelempar tidak kena salah satu kemiri tadi maka pindah giliran ke pemain lain. Pemain selanjutnya melempar seperti dilangkah 8. Yang dilempar tentu saja sisa dari kumpulan biji kemiri yang belum jadi milik pemain/pelempar sebelumnya. Yang dilakukan si pelempar ini sama dengan yang dilakukan pelempar sebelumnya (langkah 8-11).
  13. Ronde permainan ini selesai bila semua biji kemiri tadi habis (misal 15 kemiri tadi sudah habis semua). Baik karena ada yang masuk lubang atau kena lempar tuju’.
  14. Bisa saja pemain tidak dapat apa-apa karena didiskualisifikasi karena biji kemiri yang dia lempar ada yang ketinggalan diantara garis ripuk dan garis lempar. Atau bisa juga biji-biji kemiri yang dia lempar tidak ada yang masuk lubang atau dia ngelempar dengan tuju’ tapi tidak ada yang kena hehe.
  15. Bisa saja pemain yang tangkas atau beruntung dapat semua biji kemiri yang dikumpulkan/ditagankan semua pemain. Tampak memang kayak judi ketangkasan hehe mirip main bilyar juga hehe.
  16. Untuk memulai ronde baru tinggal mengulang langkah 4-13.

Selamat bermain selamat mencoba. Mari lestarikan budaya😀

321 

2 responses »

  1. Terima kasih permainannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s