Selama ini, pengguna android lebih banyak menggunakan Google Maps sebagai aplikasi navigasi peta. Sebelumnya Google Maps hanya bisa berfungsi secara online dimana kita harus terhubung ke jaringan seluler baik untuk keperluan navigasi maupun untuk men-download peta (CMIIW). Beberapa waktu yang lalu memang Google Maps menambahkan fitur offline dimana kita bisa menyimpan peta yang telah kita download untuk digunakan akan tetapi setiap kali saya mencoba untuk menyimpan peta yang telah saya download, selalu keluar error bahwa peta tidak bisa disimpan.

Peta yang diharuskan di-download memang tidak masalah selama kita berada di dalam suatu area yang tercover dengan baik oleh sinyal seluler. Permasalahan muncul ketika kita harus berjalan jauh dan harus melintasi suatu daerah yang kadang kadang tidak tercover sinyal seluler dengan baik. Banyak masalah yang timbul mulai dari sinyal yang mungkin hanya pada level EDGE yang berpengaruh pada kecepatan download, batere yang terkuras karena harus aktif mendownload dll.

Oleh karena itu adanya aplikasi navigasi peta yang bisa bekerja secara offline sangat berguna. Contohnya adalah aplikasi Sygic, hanya saja aplikasi ini berbayar.

Here beta atau yang dulu dikenal Nokia Maps bisa menjadi alternatif aplikasi navigasi peta offline untuk digunakan di Android. Aplikasi ini bisa di cari di playstore dengan kata kunci Here Beta dan dikembangkan oleh Nokia Apps LCC.

image

Untuk menggunakan aplikasi ini kita diharuskan sign in, bisa menggunakan account facebook atau menggunakan account here sendiri.

Aplikasi ini bisa digunakan offline. Untuk itu kita diharuskan mendownload terlebih dahulu petanya. Untuk area Indonesia sendiri filenya sebesar kurang lebih 438 MB. File hasil download bisa disimpan di internal storage atau external seperti memory card. Saya sendiri menyimpan di internal.

image

Selain berfungsi sebagai peta, aplikasi ini juga berfungsi untuk navigasi atau berkendara yang dilengkapi dengan traffic (belum dicek apakah berfungsi untuk Indonesia). Untuk panduan suara navigasi versi Indonesia kita perlu mendownload file tambahan sebesar 3.8 MB.

image

image

Saya sendiri belum pernah membandingkan secara detail kemampuan aplikasi ini dengan Google Maps ataupun Sygic atau pun juga waze Aplikasi ini sendiri sesuai dengan namanya masih dalam kondisi Beta. Mengenai masalah gratisnya, semoga saja akan tetap gratis untuk fitur-fitur utama seperti offline maupun navigasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s